Posted by: azayaka | December 22, 2005

Puisi Untuk Bunda

Dalam setiap irama tubuhmu kau selalu menyapa
Dalam kepenatan yang tak pernah terbisikkan kau selalu mendekap
Dalam kerinduan yang sangat kau tak pernah ingin lepas dariku

Usiaku kini telah berubah
Aku bukan lagi gadis kecil
Kaulah yang telah membentuk jiwa mentah ini
Kaulah yang telah mengelola emosi labil ini menjadi lokomotif kemajuan
Kaulah yang selalu memberiku keberuntungan dengan nasihatmu kala malam telah
larut dan gerbang mimpi siap menghampiriku

Kala yang lain terlelap
Kutahu kau tak pernah terlena
Pikiran, hati, jiwa, dan emosiku selalu bekerja dan bekerja untuk masa depanku
Kau selalu berpacu dengan waktu
Karena kau yakin, tanpa itu bisa jadi aku terlindas oleh jaman yang semakin tak
keras

Kaulah pengantar luasnya pengetahuanku
Kala wadah kosa kataku hanya bagai tetesan air
Kaulah yang memenuhinya hingga menjadi sebuah lautan
Kaulah bintang berkilauku
Yang tak akan pernah terlupakan oleh rangkaian huruf cahaya sejarah peradaban
manusia

Andai aku bisa, bunda…
Kan kubalas segenap cinta dan kasihmu
Andai aku mampu, bunda…
Kan kupersembahkan seterang kilauanmu, sehangat dekapanmu, setulus kasihmu, dan
sebijak nasihatmu

Kutahu, bunda…
Tanganmu tak pernah lepas berharap untukku dalam setiap do’a yang kau panjatkan
Kutahu bunda…
Senyummu selalu menyapa dalam setiap kata cinta yang keluar dari lisanmu
Kutahu bunda…
Mata hatimu selalu terjaga dalam setiap derapku

Ya Allah….
Kutengadahkan tanganku berharap kau membahagiakannya sepertiku kini
Ya Rabbi…,
Kumemohon berilah bunda mimpi yang selalu indah
Ya Rabbul Izzati…,
Kuberharap padaMu anugerahkan bunda kecupan hangat
Seperti yang selalu ia berikan padaku saat aku terbangun di pagi hari
Ya Illahi…,
Sejahterakanlah bunda

Bunda, pelangi dan matahariku…
Hari ini kuhaturkan dengan tulus padamu…

SELAMAT HARI IBU!

(created : DPP PKS Bidang Kewanitaan)

About these ads

Responses

  1. aku suka puisi ni.
    best banget
    forward kat aku puisi ni boleh???

  2. Seorang ibu tak akan pernah tergantikan oleh apapun dan bentuk apapun. Kasih seorang ibu tidak akan pernah tergantikan oleh kasih apapun dari siapapun. Kadang- kadang kita membuat mereka merasa jengkel, marah, kesal, benci atas kelakuan yang kita perbuat. Tapi dia selalu tetap mencintai dan menyayangi dia. Ibu adalah setetes air untuk menghilangkan dahaga sewaktu kita kehausan. Ibu…. adalah Ibu…… Ibu.

    • ya ampunnnnn,,,,
      puisinye baguz bgt,,,,,
      saya suka puisi itu,,,,,,

  3. kuu suka banget puisi itu..
    puisi itu makna nya dalem banget,, memang tidak bisa terpungkiri kalau jasa ibu tak ternilai hargany walaupun dibayar dengan apapun tetapi tetap saja di atas segala-galanya……
    aku tidak bisa membayangkan betapa sedih , susah, kesepian , kalau ditinggalkan ma ibu…
    aku sayang , cinta banget ma ibu.. walaupun terkadang ia buat aku marah ,, tapi ….. aku sangat menghargai dan menghormatinya… ku bersyukur banget punya ibu seperti ibu ku….
    love you my mom….

  4. salam kenal oh iya,puisinya oke banget. thanks for remember me. thanks Alloh you create human the name IBU….

  5. Q menangis membaca puisi ini’ BundA..Q yakin tangisanku ini tak dapat menggantikan sluruh pg0rbananmu..’ I l0ve U BunDa..

  6. dulu aq kurang menghargai ibuku..namun sejak ayahku lumpuh ibu ku lah lang menafkahi aq dan keluarga ku . aq baru menyesal betapa selama ini aq telah menyusahkan ibu ku. aq sangat kangen ibu aku rindu ibu .bayangan wajah mu selalu membayangi langkah hidup ku ibuuuuuuuuu……………

  7. judul puisinya sama aq juga punya salam kenal I LOVE MOM tooo :)

  8. Q sneng bgt m puiSi’y,,,
    Mank ibu adlh orng yg pling brarti dlm hdp qta…
    Dy adlh penyemangat hdP Q..
    I love you mom…

  9. Meski tiada perempuan yg sempurna,bagiku umi ku yg plg sempurna.meski tak pernah bibir brucp i lupph u..tp yg dlm ati y6 plg dalam..eyin sayang bgd sm umi..

  10. Pa9e ini aq tlah m’bwt ibuq marah,.. Mavin aq ibu, n aq smakin nan9iz ktk baca puizi ini, i luph u m0ther.,.,

  11. Ich . , ,
    puisinya keren bangetz jadi inget dosa dosa ku dech ke mama
    maapin yah mah
    I LOVE YOU . . .

  12. So sweet…
    I LOVE U MOM..
    Met hari ibu yupz..
    Dah pd ngcp’n blon niyz? Guys mnt kt2 ucpan’y dunx..

  13. heeeeeeemmmmmmmmm
    BUNDA BUNDA BUNDA
    I LOPHE BUNDA
    arint tyank bnet m Bunda………

  14. Maaf ya puisix q contek,hbs aq suka bgt

  15. M = Malaikat bilang ada surga ditelapak kakimu
    A = Alamat masa depan terukir ditelapak
    – tangan lembut mu.
    M = Manisnya madu keluar dari liurmu
    A = Antarkan doa disetiap mimpimu

    berbahagialah orang yang mencintai ibu nya, karena ia dipahalai umur panjang & bahagia… yakinlah.

  16. IBU KU SaYang,BEgitu besar perjuanganmu untuk anak2mu,terima kasih Ibu……I love you …..Kau adalah Wanita terhebat bagiqu….

  17. ߤ9|_|2 ߤ^937 . . . . .

  18. Bunda Q syg banget ma bunda ,

  19. sumpah … gue lagi nyari inspirasi dan insa aloh puisi ini bakal gw jadiin sumber inspirasi gw :) thanks … met hari ibu semuanya :) LOVE YOU MOM :*

  20. Ibu, air susumu takkan dpt tergantikan walau kuberikan sluruh samudra untuk menggantinya.
    Jiwa ragamu rela kau berikan untuk kelahiranku.
    Kasih sayangmu takkan habis sampai akhr waktu.
    Tiada kata yg dpt melukiskan semua pengorbananmu.
    Dengan sabar engkau menimang dan memanjaku saat kumenangis.
    Engkau akan slalu ada di dalam hatiku dan menjagaku dengan doamu.
    Meski Seluruh hidupku kuserahkan. Takkan dpt menyamainya.
    Kini aku hanya dpt berusaha membuatmu bahagia.
    Aku akan berusaha dengan sgenap jiwa raga untk membuatmu bangga.
    Telah melahirkanku. i love u mom always and forever

  21. Thx God engkau mmberikan seorang ibu didunia ini,ibu yg menjaga,memahami n mengerti bahasa kami anak2 nya.
    Thx GOD buat kuasa mu..
    Thx mama buat smua nya..LOVE U 4Ever!

  22. kak puisinya bagus banget saya ingin mengEDITnya boleh nggak???

  23. icha saiiang bangeeet am mamah ,,
    seandainya ajja mamah bisa tauu ittu ,,
    mamah slalu adda dhe saat icha aggi sakit , sedih , senang ..
    I LUPH U MAMAH .. ..

  24. i lov3 mom

    • i Love always mom

  25. bnda adalah,,,,
    mtiara yang berkilau,,,
    takkan pernah pdar di hti aqu,,,,
    rsa cnta,kasih,,n syg aq gak akan pernah pdar,,,,wlau wktu berhnti berptar,,,,,
    i love u moom,,,,,

  26. Bunda akan selalu adb dihati kita . . .
    Love u bunda . . .
    Aku kan selalu berusaha mebahagiakan mu

  27. Bun…da q terin9at msa kecl q y9 s’lalu kau ingat kau slalu jath kn air matamu dmi q bunda air matamu ba9aikn mutiara I love U bunda…

  28. ithaq chaiiank mamah!!!!!!!!!

    i’ll do d’bezt voo u, mom!

  29. bunda buat aku adalah segalanya.ga da yang bisa ngegantiin bunda di hatiku,I love bunda

  30. BUNDAKU YG SANGAT BAIK PADAKU……..
    KAU SELALU MENJAGA KU
    MERAWATKU
    MEMBESARKAN KU

    BUNDA……….
    AKU AKAN MEMBAHAGIAKAN MU
    TERIMA KASIH BUNDA KAU SUDAH MEMBESAR KAN
    KU

    DISAAT AKU MENANGIS KAU MENEGUR KU………
    DISAAT AKU SALAH KAU MEMBENARKAN AKU……

    BUNDA……..
    KAU MERAWAT KU SAMPAI BESAR
    KAU MENJAGAKU SAMPAI BESAR
    KAU MENDUKUNG KU DISAAT BESAR

    BUNDA……………….
    KAU SANGAT BERARTI BAGIKU
    KAU SANGAT BERUNTUNG BAGIKU

    BUNDA…………
    TERIMAKASIH KAU TELAH MEMBAHAGIAKAN AKU
    AKU INGIN SEKALI MEMBAHAGIAKAN KAU
    AKU INGIN MELIHAT BUNDA TERSENYUM

  31. tolong buat kan aku puisi yang bagus dong tentang ibuku !pllllllllllllllllllllllllzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??/
    ???///

  32. bagiku,bunda adalah segalanya………….bila aq ada masalah….beliaulah yang bs ngerti’in aq……………

    “THANK YOU,MY MATHER”

  33. kau adalah anugarah yang telah melahirkan ku walau
    keringat yang tececer di lantai tapi engaku selalu kuat tuk memperjuang kan kelahiran ku…?\
    Walau ku tak tau disaat engkau melahirkan ku
    Aku akan selalu mengenang mu bunda engkau Adalah pahlawan sejati ku
    I LOVE MOM

  34. Dalam setiap irama tubuhmu kau selalu menyapa
    Dalam kepenatan yang tak pernah terbisikkan kau selalu mendekap
    Dalam kerinduan yang sangat kau tak pernah ingin lepas dariku

    Usiaku kini telah berubah
    Aku bukan lagi gadis kecil
    Kaulah yang telah membentuk jiwa mentah ini
    Kaulah yang telah mengelola emosi labil ini menjadi lokomotif kemajuan
    Kaulah yang selalu memberiku keberuntungan dengan nasihatmu kala malam telah
    larut dan gerbang mimpi siap menghampiriku

    Kala yang lain terlelap
    Kutahu kau tak pernah terlena
    Pikiran, hati, jiwa, dan emosiku selalu bekerja dan bekerja untuk masa depanku
    Kau selalu berpacu dengan waktu
    Karena kau yakin, tanpa itu bisa jadi aku terlindas oleh jaman yang semakin tak
    keras

    Kaulah pengantar luasnya pengetahuanku
    Kala wadah kosa kataku hanya bagai tetesan air
    Kaulah yang memenuhinya hingga menjadi sebuah lautan
    Kaulah bintang berkilauku
    Yang tak akan pernah terlupakan oleh rangkaian huruf cahaya sejarah peradaban
    manusia

    Andai aku bisa, bunda…
    Kan kubalas segenap cinta dan kasihmu
    Andai aku mampu, bunda…
    Kan kupersembahkan seterang kilauanmu, sehangat dekapanmu, setulus kasihmu, dan
    sebijak nasihatmu

    Kutahu, bunda…
    Tanganmu tak pernah lepas berharap untukku dalam setiap do’a yang kau panjatkan
    Kutahu bunda…
    Senyummu selalu menyapa dalam setiap kata cinta yang keluar dari lisanmu
    Kutahu bunda…
    Mata hatimu selalu terjaga dalam setiap derapku

    Ya Allah….
    Kutengadahkan tanganku berharap kau membahagiakannya sepertiku kini
    Ya Rabbi…,
    Kumemohon berilah bunda mimpi yang selalu indah
    Ya Rabbul Izzati…,
    Kuberharap padaMu anugerahkan bunda kecupan hangat
    Seperti yang selalu ia berikan padaku saat aku terbangun di pagi hari
    Ya Illahi…,
    Sejahterakanlah bunda

    Bunda, pelangi dan matahariku…
    Hari ini kuhaturkan dengan tulus padamu…

  35. tq bunda!!
    love you bunda

  36. I love you bunda……. :)

  37. bunda mafkanlah anakmu jika anakmu mmpnyai kslhn………. O:)
    I <3 u mom….. :*

  38. bunda adalah segalanya bagiku,,,

  39. sisa hidupnya selalu ia manfaatkan untuk bisa membahagiakan aku,,selama ini, aku bingung hrus membalas kasih sayang bunda dengan cara seperti apah?

    bunda tiada dua bagiku,,,bunda adalah nafas kedua bagiku,,bunda Aishiteru mom

  40. mantap bro?
    Membuka pintu hati bagi yg memahami

  41. bunda bagi ku adalah segala nya tanpa dia q ga bsa spe jya gini i luv bunda

  42. tanpanya aku bukan siapa siapa , aku cinta ibu .

  43. tanpanya aku bukan siapa siapa , aku cinta ibu

  44. aku kangen bunda…..

    moga bunda dapat tempat yang layak disisi allah, amiin…………..

  45. bun,,,,,,,,,,, qw snank skalie hre nh bz membwat buda cnank

  46. bunda, kamu adlh ibu y9 luar biasa.jasa2 mu tdk dpt di blsdgn apapu.I LOV3 U MOM…..

  47. bun aku kangen engkau saat aku membaca puisi ini aku menjadi sadar bahwa waktu kecil kusudah menyusahkan mu maafkan aku bunda

    BUNDA
    I LOVE YOU SO MUACH

    BY LISTY

  48. apapun akan aku lakukan untuk buat bundaku bahagia….

  49. puisinya bagus banget menyentuh hati.
    buat mama ku I LOVE U

  50. i think,, that’s good articel :)

    may be,, i couldn’t do the best for mom today,but tomorrow and forever, i’m sure mom,, i believe i can do the best for u,, i swear :(

    sorry for today,, especially for my bad score of the assignment T.T

    sorry and sorry T.T
    love and thanks for MOM :*

  51. mama qhu..
    maafin cmuaw ksalahan anak mu ini

  52. bunda,,
    makasih tuk smw ksih syangmu,,
    tnpamu q tak da d.dunia yg fana ini

  53. gila so sweet ngetzzzzz w mw da gi yg lebih so sweet

  54. keren banget puisi nya…
    puisi ini mengingatkan, aku pada bunda aku yang telah pergi jauh, dan tak akan kembali untuk selamanya…

  55. aQ suka b9t puIsI tu….
    aQ sayang bunda..
    Orang eank pertama X eank aq sayang,
    cuma bunda Q seorang…..
    I love bunda…
    Harapan q adalah membuat bunda bahagia
    hingga surga menjemputnya ……
    ^_^ ………… <3 bunda <3

  56. hmm,,,quw suka bnget dengan puisinya,,,,i like it

  57. aku suka bgt mma puisi itu,,,,,
    puisinye bguzzzzzzzzzzzz,,,,,,,,,
    jdi inget mma mamah aku nieh,,,,,,,,,,,,,,

    I LOVE U MOM,,,,,,,

  58. ea allah……aq ingin bgt ngebahagiain ibuku………tpi pa dayaku……..
    aq tau…aq sering buat salh…………..mafin aq bunda……………i luph iiu sllu bunda…….

  59. Q ska bnget ma ini piusi
    I like

  60. Q suka bgtz dech ma puisi na…
    Jadi ingin cpt2 pulang kmpung biar sa ktmu ma bundaQ…
    BUNDA Q SYNK BUNDA

  61. i like it….
    puisix bagus bgt
    Q CHAYANK MAMA

  62. Bunda ku I LOVE MA’AM ……………………………………..:-)

  63. HEBAT YG UDAH BIKIN PUISINYA .

  64. ibu adalah mata hati kita ,,
    ibu adalah matahari yg slalu menyinari hidup q ,,
    ibu adalah pelangi yg slalu mmberi warna di hari q ,,
    ibu adalah bulan yg tak prnah redup menerangi malam gulita q ,,
    ibu adalah bintang yg menghiasi hidup q ,,
    dan ibu adalah segalanya untuk q ,,
    ibu makasih telah melahirkan q ,,
    q mnta maaf klo q blom bsa mmbalas jasa mu ibuu ,,

    sayangi ibu selagi beliau masih ada ,,,

    SELAMAT HARI IBU ,,,,

    katakan I LOVE U to IBUUU ,,,,

  65. oh mama aku sayankkkkk banget aku gak tau kalau aku ditinggalkan demgan ibu yang sudah mendidik aku semejak aku kecil ILOVE YOU MOM AKU SAYANKKKK MAMA

  66. SELAMAT HARI IBUUUUUUU AKU SAYANK IBU I LOVE YOU MOM

  67. wah sudah malam

  68. Seorang ibu tak akan pernah tergantikan oleh apapun dan bentuk apapun. Kasih seorang ibu tidak akan pernah tergantikan oleh kasih apapun dari siapapun. Kadang- kadang kita membuat mereka merasa jengkel, marah, kesal, benci atas kelakuan yang kita perbuat. Tapi dia selalu tetap mencintai dan menyayangi dia. Ibu adalah setetes air untuk menghilangkan dahaga sewaktu kita kehausan. Ibu…. adalah Ibu…… Ibu.

  69. Bunda….

    I Love so much,.

    Kau adalah penerang dalam hidupku,.

    Love u mom,.
    Muach,.

  70. EMYX MAX EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEMMMMMMMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKK

  71. selamt jalan bunda, semoga Allah mlapangkn tmpt barumu….

  72. Kupandang bintang bila merinduimu
    Harapan hati dirimu ria nan damai
    Do’a, air matamu tak henti kurasa
    Hari- hariku selalu bersamamamu

    Bunda,,,,,
    Dalam kegelapan engkau bersinar
    Penunjuk jalan setiap insan
    Tangisanmu tanda kasih sayang
    Murkamu bumi bergoncang

    Bunda….
    Kutak ingin menjadi sang durhaka
    Melalui tindak- tanduk juga bahasa
    Silahkan jaman bernari senang
    janganlah air mata berlinang

    Bunda….
    Belum ada baktiku untukmu
    Ada ianya belum seberapa
    Jiwa menangis tatkala bersujud
    Darah bergejolak karna dirimu

    Bunda,,,,
    Ampunilah dosa sibuah hati
    Biar bumi berhenti melaknati
    Sembah ananda selalu menjaga
    Moga tuhan mempertemukan

  73. Bunda

    Sembilan bulan lamanya
    Rahim dalam berada
    Janin muda perut bunda
    Pengorbanan tiada sia
    Akhirnya aku lahir lahir juga

    Dunia baru berseru
    Pada diriku
    Waktu dulu
    Pada pangkuanmu

    Jasa sejagat
    Bercucuran keringat
    Masih tetap semangat
    Seiring kasih hangat
    Dalam dekapan hanyat

    Bunda
    Waktu terus berporos
    Pada kenyatan dunia
    Dari balik tubuh polos
    Doa pada bunda
    Ananda bahagia

    Bunda
    Lanjut usia
    Tetap saja kau setia
    Terkadang ananda lupa
    Masih terus bunda berdoa
    Ku harap tak durhaka
    Celakalah ananda
    Neraka akan menyapa

    Bunda
    Ananda yang hina
    Berharap tetap berguna
    Walau jua tak ada
    Selalu berusaha
    Semoga bunda bahagia
    Dunia memang berbeda
    Tak mesti bersama
    Bunda tetap di jiwa
    Raga ananda,
    Tetap bunda

    Bunda
    Untaian bunga
    Ukiran bianglala
    Lautan samudera
    Intan permata
    Kecantikan dunia
    Tidak seberapa
    Bunda tetaplah bunda
    Terkenang sepanjang masa
    Tak pernah ada akhirnya

    Bunda
    Wanita terhebat
    Wanita terdekat
    Ku kenal kau
    Lewat nada merdu
    Ku ucap kata ibu
    Kaulah pelitaku
    Tak akan padam
    Terkadang meredam
    Tetap tak mendendam

    • waw puisi ini membuat aku kangen akan bunda bunda engkau dimana

  74. Umi….
    Selembar kertas puisi selalu ku isi puja-puji tinggi setiap hari
    Dalam hati jua di diari
    Ku rindu senyum termanis itu
    Aku rindu mencium suci tanganmu
    Melepas dahagaku dari pengembaraanku
    Setelah panas matahari hanguskanku,,
    Namun petuah dari lisan muliamu selalu teduhkanku
    Aku iba kini..
    Ketika ku sadari aku tak mampu apa-apa meski untuk satu suap bubur ketika aku terbujur terikat seulur samping di belikatmu
    Ketika aku tau aku tak mampu membalas, meski untuk sebaris nyanyian termerdu kala kau antarkan tidurku
    Apalah dayaku kini untuk membalas
    Jika bukan iring-iringan doa yang kutabuh di setiap sujud dan ruku jua di helaan nafas
    Hanyalah sebuah karya usang nan tak ada arti
    Hingga pecah kepalaku merangkai karya terindah
    Hanyalah secuil makna di banding setetes kasihmu
    Umi….aku rindu…
    Maaf hanya merindu…
    Karena aku lemah tanpa bisikan mesramu yang selalu tertanam kuat dalam palung jiwa
    Karena aku bodoh tanpa kesabaranmu mendidik dan ayomi pengetahuanku
    Maka ku tunjuk pena dan tinta tuk mengakuinya
    Umi..aku rindu…
    Dekap hangat sayap-sayapmu
    Tentramkan segala keadaan
    Hentikan badai dan hujan yang hamper damparkanku di daratan putus asa
    Apalah arti barisan kalimat ini
    Karena berjuta kata dan emas permata pun bukanlah sedikitpun bandingan
    Untuk kasihmu yang tertabuh dalam tiap kedip mata dan hembus nafasmu
    Inilah diriku…..
    Yang hanya bermodal nurani dan semangat tuk membalasmu dengan segala ketentuan yang telah di siratkan…

  75. aq pgn pintar matematika

  76. bunda yankkkk qu cNtA………..

  77. BUNDA

    BUNDA BETAPA BESAR JASAMU DI HATI KU
    BUNDA KU BERJANJI KAN S’LALU MEMBUAT MU BAHAGIA
    TUK SLAMA NY …………..

  78. bunda maafin aku, ya,,
    terkadang q sllu tak pernah memikirkan keadaan mu
    sllu egois…………

  79. i love you mam,,,,

  80. menyentuh.., :”(

  81. I LUPH yOU FULL MAM !

  82. wow bagus

  83. Tq maam , I <3 u mam
    Kw tlh mmbsrkan kmi hingga skrg !!!
    Maafkan saiia klw ad slh mam

  84. mamah.. kau segalanya bagiq,, kasih mu,,,, cintamu,, tak kan tergantikan.. i loph you poreper mah….. :)… T_T

  85. Bunda ?kau mentariku ..semangat hidupku ,cita-citaku ..semuanya demi 3ngkau .demi 3ngkau ..3ngkaulah bundaku !! sampai nanti sampai ku matiku takan pernah bisa membalas jasa upaya dirimu ,bunda aku sangat mencintaimu !!!
    :)

    aku ingin membuatmu bahagia ,di sisa nafasmu bunda …
    :)

    i love mam

  86. bunda maaf kan aku selalu mengesalimu aku sayang kmu

  87. aku takut kehilanganmu bunda.biar aku yang menampung segala bebanmu.

  88. ya allah,, jadi kangen deh sama ibu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: