Posted by: azayaka | August 6, 2004

5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Seiketsu)

Terdapat banyak konsep management perusahaan yang diterapkan khususnya oleh perusahaan2 di PMA Jepang, salah satunya perusahaan tempatku bekerja. Antara lain TQM (Total Quality Management), JIT (Just In Time), TPM (Total Productive Management), serta ada lagi satu konsep basic untuk lingkungan kerja yaitu 5S (singkatan dari : Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Dalam bahasa Indonesia, ada yang menerjemahkannya menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan ada juga yang menerjemahkannya menjadi 5P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pemantapan, Pembiasaan). Terserah mau pake yang mana. Penjabarannya adalah sebagai berikut :
Seiri = Memisahkan barang yang diperlukan dan yang tidak diperlukan. Kemudian membuang barang yang tidak diperlukan
Seiton = Menempatkan barang yang diperlukan di tempat yang mudah dijangkau, dan memberi label untuk memudahkan & mempercepat pencarian
Seiso = Membersihkan tempat kerja (ngelap debu, nyapu, kalo perlu ngepel)
Seiketsu = Menjaga agar 3S di atas tetap dilakukan
Shitsuke = Membiasakan diri melakukan 4S di atas
Di tempat kerjaku, kegiatan 5S menjadi hal wajib yang harus dilakukan semua karyawan setiap hari (aku sih biasanya kebagian ngelap2 debu di meja n kompieku sendiri..tugas yg lumayan ringan…daripada nyapu :D). Bahkan tiap bulan diadakan audit 5S semua departemen, dan yang mendapat point penilaian 5S tertinggi akan mendapat reward berupa cash money!! Biasanya sih uang reward langsung habis hari itu buat beli makan siang dengan special menu rame2😀 Tapi sayang, departemenku sendiri gak pernah menang😦 Yang sering sih karena pas audit kita lupa memindahkan cemilan dari dalam laci..Jadi keaudit deh. Di tempat kerjaku memang ada aturan : DILARANG MAKAN DI TEMPAT KERJA !! Tapi…kalo namanya perut laper gimana nahannya..:( Udah gitu satu departemen kita doyan ngemil..padahal ada satu check item yng berbunyi : tidak ada barang abnormal di tempat kerja (maksudnya, makanan dsb yang gak ada hubungannya dengan job kita tidak boleh ada di laci apalagi di atas meja).

Mengapa 5S sedemikan penting dilakukan? Karena ada kata2 indah dari si pembuat konsep ini bahwa : kondisi tempat kerja mencerminkan perlakuan seseorang terhadap pekerjaannya dan perlakuan terhadap pekerjaan mencerminkan sikapnya terhadap pekerjaan.


Responses

  1. 5S bagus, dan saya sekarang ada job baru untuk nerapin 5S..
    Bisa sharing…Pa….:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: