Posted by: azayaka | September 22, 2004

Stop Lying !!


Adakah manusia yang tidak pernah berbohong? Barangkali akan banyak orang yang menjawab “tidak”. Sebab alih-alih menghindari, kebohongan kerap dianggap sebagai jalan keluar, alat untuk mencapai tujuan atau cara untuk menyenangkan hati orang lain.

Pada dasarnya manusia itu suci (fitrah). Dirinya tidak menghendaki kebohongan. Berbohong adalah sesuatu yang menyakiti jiwanya. Tak percaya? Menurut penelitian, pada saat seseorang berbohong, maka detak jantung, tekanan darah, gerak paru-paru, dan produksi keringatnya akan meningkat. Itu merupakan bukti bahwa tubuh manusia sesungguhnya tidak siap untuk berbohong.

Kebohongan akan menyebabkan kegelisahan dan ketidakbahagiaan. Karena itulah berbohong dikatakan sebagai dosa karena selain merugikan orang lain, juga menyakiti dirinya sendiri.

Pada dasarnya tidak ada seorangpun di dunia ini yang senang dibohongi. Biasanya satu kebohongan akan melahirkan kebohongan yang lain. Jika dicermati, sesungguhnya berbohong adalah suatu hal yang sulit. Tak ada seorang pun yang dapat setia dengan satu kebohongan. Suatu kali tanpa disadari ia akan menyampaikan yang sebenarnya.

Penelitian menunjukkan bahwa berbohong dapat mengurangi daya ingat. Banyak berbohong akan menumpulkan otak dan mengacaukan logika.

Kebenaran ibarat air yang senantiasa mengalir dari atas ke bawah. Seseorang yang berbohong adalah sama halnya dengan memaksakan air mengalir dari bawah ke atas. Adakah pilihan lain selain menghindari berbohong?

Sumber : majalah Hidayatullah edisi Sept 04


Responses

  1. keren…

    inspiratif


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: