Posted by: azayaka | November 4, 2004

Lailatul Qadr Tak Menghampiri…Melainkan Harus Diraih

LAILATULKADAR adalah misteri. Apakah ia bentuk, aktivitas, atau kondisi? Sampai sekarang para ulama, cendekiawan, dan ilmuwan muslim masih berdebat tentang lailatulkadar. Adakah orang di muka bumi ini yang pernah mendapatkan lailatulkadar? Siapakah orangnya? Apakah ia tiba-tiba terkenal, kaya, atau saleh. Semuanya masih misterius. Tidak ada seorang pun yang tahu.

Meski sangat misterius, lailatulkadar bukanlah mitos sebab ia termaktub dalam kitab suci Alquran yang isinya selalu benar. Artinya, lailalatulkadar pasti ada dan terjadi. Persoalannya kapan dan siapa yang mendapatkannya? Inilah pertanyaan besar di kalangan umat Islam yang sangat menginginkannya.

Menurut mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung Endang Soetari AD ketika dihubungi Media kemarin, lailatulkadar itu, bukanlah sebuah benda, aktivitas, atau peristiwa tertentu. Ia adalah satu proses yang terjadi pada pribadi umat Islam yang tidak serta-merta terjadi. Sebab lailatulkadar bukan diperoleh dalam batasan waktu tertentu, tetapi sebuah kondisi yang diawali oleh prakondisi-prakondisi tertentu. Misalnya, ia menjalankan puasa Ramadan dengan khusyuk dan penuh keikhlasan sekaligus mengamalkan beragam tuntutan Islam tentang puasa.

“Anugerah Allah itu terkait dengan waktu dan tempat. Lailatulkadar adalah anugerah yang terikat oleh waktu, yakni di bulan Ramadan. Lailatulkadar adalah satu malam yang sangat mulia, sehingga Tuhan menyebutnya lebih baik dari seribu bulan seperti diungkapkan dalam surat Alqadr 1-5.

“Lailatulkadar erat kaitannya dengan Nuzulul Quran. Bahkan ada pendapat yang mengatakan lailatulkadar adalah Nuzulul Quran. Meski demikian, lailatulkadar tetap merupakan sebuah anugerah, rahmat, sekaligus pahala yang sangat besar bagi kaum muslimin. Ia bisa dimiliki oleh setiap muslim yang benar-benar menginginkannya. Artinya, lailatulkadar tidak hanya berharap dan menunggu, tetapi juga diusahakan. Sebab lailatulkadar itu sebuah proses maka
dibutuhkan prakondisi untuk memperolehnya,” paparnya.

(Sumber: http://www.mediaindo.co.id/ dari kiriman imel seorang kakak)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: