Posted by: azayaka | March 21, 2005

TTS & Blog

Saya pertama kali kenal blog sekitar April 2004, dikenalkan oleh sis Fia, seorang ukhti yang saya kenal di sebuah chatroom Islam. Kami bekerja-sama mengelola blog ini, yang merupakan blog tempat menyimpan arsip-arsip diskusi di chatroom tersebut. Sis Fia yang membuat design blognya, sedang saya bertugas mengupdate isinya. Jadi waktu itu, yang saya tau hanya buka www.blogger.com, lalu Create dan Publish saja. Pada saat itu, membuka Template sama dengan menebar bintang-bintang di kepala saya, karena kode-kode asing (yang kemudian saya ketahui bernama ‘html) di dalamnya, yang tidak saya mengerti saya sekali. Praktis, bila saya hendak menambahkan suatu kolom atau menegubah jenis font atau margin misalnya, saya akan kontak sis Fia untuk membantu mengubahnya.

Sampai suatu saat sis Fia tenggelam oleh kesibukannya menyelesaikan skripsi sehingga tidak memungkinkan untuk membantu. Mulailah saya memberanikan diri masuk ke gua gelap bernama Template. Untuk sedikit penerang, saya coba gooling, mencari panduan tentang blog. Ketemulah panduan ini yang ditulis oleh seorang pakar blog, Enda Nasution, yang sangat membantu saya mengenal lebih jauh isi Template. Selama berhari-hari panduan ini selalu ada di tas kerja untuk saya baca ketika dalam perjalanan pulang-pergi kantor. Saat itu, saya seperti kembali jadi murid sekolah. Menghafal bahan pelajaran ^_^.

Allah memudahkan proses pembelajaran tentang blog ketika suatu hari saya dipertemukan dengan mbak ini di suatu chatroom Islam. Meski baru kenal, obrolan kami mengalir lancar, seperti sudah kenal lama. Mbak ini ternyata sedang berniat untuk membuat blog. Karena sama-sama masih ‘hijau’ tentang blog, Mbak ini mengajak saya untuk sama-sama berguru pada bapak ini, seorang yang pantas mendapat gelar master blog yang merupakan teman Mbak ini. Mulailah bapak ini membuka kelas privat buat kami bila beliau sedang senggang. Sampai detik ini pun, saya masih menjadi murid bapak ini. Murid yang cerewet, bandel, suka gangguin pak gurunya, dan seringkali lemot mencerna pelajaran ^_~. Jazakallah pak guru atas bimbingan dan kesabarannya selama ini. Dari kelas privat inilah lahir blog pertama saya yang mungkin sudah puluhan kali mengalami jungkir balik sebelum akhirnya benar-benar dipublish ^_^.

Tidak seperti para blogger yang ngeblog karena pandai dan suka menulis, saya malah jarang sekali menulis di blog saya. Pikiran mandeg dan tidak tau harus mulai menulis darimana seringkali menjadi alasan. Well..mungkin Anda akan berkomentar : kepandaian menulis bisa diperoleh dengan berlatih bukan? ^_^. Yup. Malas berlatih adalah alasan saya berikutnya.

Meskipun saya masih tertatih menulis di blog, tetapi saya telah jatuh cinta pada sisi lain dunia blog ini. Utak-atik blog. Itulah sisi yang kemudian membuat saya ingin lagi dan lagi mencobanya setelah saya sedikit mengetahui makna kode-kode di dalam Template. Saya merasakan sensasi yang sama dengan ketika mengisi TTS (Teka-Teka Silang), hal lain yang saya sukai lebih dulu.

Mungkin Anda bertanya-tanya, di mana letak persamaan antara TTS dan blog ^_^. Ok..akan saya jelaskan sedikit.

Pada saat Anda mengisi Teka-Teki Silang (TTS) pasti ada beberapa kolom atau lajur yang tidak Anda ketahui dengan pasti isinya bukan? Lalu Anda mereka-reka dengan mencoba mengisikan kata-kata tertentu. Bisa saja kata tersebut cocok dengan jumlah kotak, atau bisa juga tidak. Proses seperti inilah yang saya lakukan ketika utak-atik template blog. Trial & error ^_^.

Seringkali saya menjumpai accessories-accessories blog yang cantik ketika blogwalking. Muncullah rasa penasaran…gimana sih cara settingnya? Maka mulailah proses trial & error saya. Buka Blogger, klik template, mulai coba-coba setting, memasukkan script-script yang ingin saya tampilkan, lalu preview. Seringkali yang terjadi tidak sesuai harapan. Blog tambah gak keruan. Posisi accessories tidak sesuai yang diharapkan. Coba setting lagi, sambil mengira-ngira mana bagian yang salah. Preview lagi. Bila berhasil…tralaaaa…horeee…rasanya puas sekali, sama puasnya ketika saat mengisi TTS, kata yang kita pikirkan ternyata cocok dengan jumlah kotak dan benar !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: