Posted by: azayaka | July 28, 2005

Fitur Baru : Murottal & Nasyid

Bila di kompie sahabat sekalian terpasang windows media player dan speakernya dalam keadaan nyala, begitu masuk ke blog ini pasti akan terdengar rekaman suara Syeikh Al-Sudais melantunkan ayat suci Al Qur’an. Yup..mulai hari Jum’at lalu, saya memang menambahkan murottal di blog ini. Tujuan awal sih sebenarnya untuk murojaah juz 30 buat diri saya sendiri . Daya lupa saya yang tajam sering membuat hafalan terhapus dari memori bila tidak sering-sering diulang . Jadi meski sudah beranjak dari juz 30, tetap saja banyak hafalan surat di juz ini yang terlupa . Mungkin saya musti lebih beriltizam mempraktekkan kiat dari seorang teman agar hafalan surat tidak hilang. Dibaca dalam sholat!

Saya pertama kali melihat ada murottal di blog dari blog sis Nadia. Sayang sis Nadia (mungkin karena kesibukannya bertambah) kini telah menutup blognya . Saat itu hati terasa sejuk ‘disapa’ oleh ayat-ayat Allah. Segeralah saya cari scriptnya dan browse nyari mp3 Al Qur’an. Ketemu di http://quran.mangga.com. Di web tersebut ada beberapa rekaman murottal yang disediakan. Ada rekaman Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Sheikh Sa’ad Al-Ghamdi, Sheikh Ali Al-Hudhaifi, dan Sheikh Sa’ud Ash-Shuraim. Tinggal pilih mana yang suka. Saya pilih Al-Sudais, karena dari dulu saya memang suka dengan lantunan murottal beliau. Tidak begitu cepat dan tidak begitu lambat serta mudah diikuti.

Sayangnya, java script yang saya pakai untuk murottal ini tidak bisa memperdengarkan surat demi surat secara kontinue. Bila sahabat sekalian coba dengarkan, satu ayat akan dibaca terus berulang-ulang. Penggantian bisa dilakukan hanya dengan manual. Ada yang bisa bantu biar settingannya bisa kontinue? Pliss…
Terlepas dari kekurangan yang ada, semoga fitur murottal di blog ini bermanfaat buat sahabat yang berkunjung ke sini.

Satu lagi fitur baru di blog ini. PLAY NASYID.
Fitur ini terpasang beberapa menit yang lalu, ketika saya baru saja ‘jalan-jalan’ berkunjung ke blog Mbak Maya dan melihat di situ tercantum link-link nasyid. Makasih mbak..inspirasinya . Bila sebelumnya yang saya cantumkan hanya berupa link Kumpulan Nasyid saja, kali ini nasyid saya tampilkan per judul untuk mempermudah pencarian. Tinggal klik judul, maka nasyid akan terlantun. Nasyid saya copy (nge-link langsung) dari http://rabbasa.or.id/nasyid dan beberapa dapet ngopi saat googling dan saya simpan di geocities.

Nasyid-nasyid Al Quds yang saya link di sini adalah nasyid-nasyid favorite saya. Saya ‘kenal’ nasyid ini di kos pertama saya saat kuliah di Bandung dulu. Karenanya, bila mendengar nasyid-nasyid ini, tidak saja membuat semangat kembali berkobar, tapi juga sedikit mengobati rasa kangen saya kepada teman-teman kos yang sholihah dan baik hati. Al Quds Ardu Walqudslana dulu menjadi nasyid pengiring olahraga kami tiap pagi. Bukan olahraga di luar rumah lho. Tapi senam ringan di ruang tamu kos kami .

Semoga dapat menambah semangat jihad yang mendengarkan….


Responses

  1. di sini mbak:
    h++p://www.audioquraan.com/quraan.asp

    smoga membantu🙂

  2. syukron y mbak, dapet juga akhirnya nasyid kesyangan saya yang udah gak tw kemana kasetnya

  3. assalaamu’alaykum


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: