Posted by: azayaka | August 9, 2005

Inner Beauty, Bagaimana Mendapatkannya?

Sebutlah namanya Atika. Dia tak terlalu cantk, tapi enak dipandang mata. Kehadirannya selalu mencairkan suasana. Semua orang suka berada di dekatnya. Semua orang menyayanginya. Nah, orang seperti Atika ini dapat dikatakan memiliki inner beauty (kecantikan dari dalam).

Inner beauty tidak hanya terdapat pada wanita, tapi juga dimiliki pria. Bukan berarti pria ini berubah parasnya jadi cantik. Tidak ! Tetapi ia mempunyai daya tarik sendiri. Seperti sosok Rasulullah SAW. Rasulullah adalah sosok yang mempunyai kharisma. Pandangannya demikian sejuk, begitu berwibawa. Bukan kerana kekuasaannya, tapi karena sikap dan perkataannya. Beliau amat disegani oleh kawan maupun lawan. Seperti yang diceritakan oleh Usamah bin Syarik, “Bila kami duduk mendengarkan Rasulullah, kami tidak sanggup mengangkat kepala kami, seakan-akan di atas kepala kami bertengger burung-burung”.

Bagaimana agar para muslimah dapat memiliki inner beauty? Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Menegakkan Sholat
Dengan menegakkan sholat yang khusyu’, jiwa menjadi tenteran dan damai. gerakan-gerakan dalam sholat juga dapat mengendurkan syaraf dan otot, sehingga sekaligus bisa untuk relaksasi. Relaksasi ini akan menjauhkan orang dari stres, sehingga jauh pula dari penyakit.
2. Berwudhu
Wudhu yang sempurna akan membuat wajah yang berwudhu berseri-seri. Membasuh wajah berkali-kali secara perlahan dapat menghiolangkan ketegangan di wajah. membersihkan wajah dapat membuatnya selalu segar sehingga memperlancar peredaran darah. Membasuh tangan dan siku dapat menyegarkan fisik.Membasuh kepala bisa menurunkan ketegangan pada kepala dan menurunkan suhu badan. Membasuh kepala dapat pula melancarkan aliran darah ke otak. Mengusap telinga dapat merangsang organ-organ lainnya agar memperlancar peredaran darah, karena di daerah telinga banyak terdapat titik-titik akupuntur.
3. Dzikir dan Doa
4. Berdoa ketika Bercermin dan Berpakaian
5. Shalat Tahajjud
6. Gemar Membaca Al Qur’an
7. Tersenyumlah

(Diringkas dari majalah Hidayatullah, edisi bulan Agustus 2005)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: