Posted by: azayaka | September 14, 2005

Biblioterapi

Biblioterapi atau cara penyembuhan dengan memberikan bacaan yang tepat pada pasien, telah menjadi alternatif pengobatan baru dalam dunia kesehatan. Terapi yang pertama kali dikenalkan oleh para ahli kesehatan Inggris ini, terutama digunakan untuk menyembuhkan penderita stres, depresi, dan kegelisahan. Terapi dilakukan dengan cara mengajak pasien berbincang untuk mengetahui bacaan apa yang disukainya, mencari penyebab penyakit atau stres, lalu menawarkan buku yang tepat untuknya.

Dalam keseharian, saya pun sering menerapkan terapi ini, terutama untuk diri saya sendiri. Meski dulu saya belum tahu ada istilah khusus untuk terapi ini dalam dunia kesehatan. Di kala hati sedih, gelisah, butuh penguatan, saya lebih suka mencari obatnya dengan membaca buku dengan tema tertentu, dibandingkan curhat dengan saudara atau teman. Dan alhamdulillah, hati pun terasa lebih ringan setelahnya.


Responses

  1. terima kasih infonya.
    o i a, saya ingin meneliti penggunaan bibliografi tapi susah sekali menemukan bukunya mungkin teman2 bisa bantu. kirim ke Email ku yaaa.
    makasih

  2. Bapak, Saya sedang mencoba untuk melakukan penelitian tentang penerapan biblioterapi, dan sampai saat ini saya belum mendapatkan tempat yang menerapkannya. apabila bapak punya informasidimana saja tempat yang telah menerapkan biblioterapi ini kalau ada bandung atau jakarta mohon informasiknya dikabari kepada saya. sebelumnya terimaksih banyak🙂 (tersenyumlah_kawan@yahoo.com


Leave a Reply

Categories

