Posted by: azayaka | May 8, 2006

Mata Minusku….

Meski sudah dibantu dengan kacamata, mata kiri saya yang minus 8.5 dan mata kanan minus 13.5 tetap tak bisa menangkap dengan jelas objek di jarak lebih dari 10m. Kekurang-jelasan penglihatan yang saya alami sejak kecil, membuat saya terbiasa lebih mengenali suara dibanding detail wajah seseorang. Ini berlaku buat teman-teman yang jarang ketemu lho. Klo yang tiap hari atau sering ketemu seperti ibu, kakak, atau saudara (sekarang termasuk suami..) tentu saja saya hapal wajahnya .

Kekurang-jelasan penglihatan ini seringkali membuat saya salah mengenali orang. Ini pula yang saya alami kemarin di acara Aksi Solidaritas Palestina.
Pertama terjadi saat saya sedang berdiri di depan Plaza Indonesia, menunggu iring-iringan peserta aksi bergerak menuju Kedubes AS. Dua orang anggota Pandu Keadilan menghampiri saya dan lumayan banyak ikhwan dan akhwat yang saat itu berdiri di troator, dan meminta kami (lebih tepatnya sih mengusir..hehe) untuk masuk ke dalam barisan resmi (maafkan kami yang rada bandel ). Melihat salah seorang dari mereka, kok saya rasa-rasanya kenal ya. Otak berputar, mengaduk-aduk memori di mana dan kapan saya pernah mengenal ikhwan pandu keadilan itu. Eh..kulihat ada badge nama tertempel di bajunya. Tertulis : Eko Adi P! Ya Allah….ternyata pak ketua IMB! Meski kami pernah bertemu sekali saat syuro dulu, jujur…saya memang tidak begitu jelas melihat wajah beliau.

Kedua terjadi tak lama setelah kejadian pertama. Ada seseorang berkaos putih, dengan berat badan di atas rata-rata, turun dari tangga jembatan penyebrangan di dekat tempat saya berdiri. Eh..kok rasanya pernah kenal juga?? Itu kan Iman, sohibku? Tapi kok sepertinya yang ini lebih pendek? Ragu-ragu saya hendak menyapanya. Tapi bagaimana klo benar dia Iman? Wah..kebangetan nih. Mosok sama sohib sendiri nggak mengenali? Rutukku dalam hati. Dan sapaan itu tetap tak terucap sampai sosok big size berkaos putih itu menghilang di kerumunan…. (Man…maaf ya..klo itu bener2 antum )

PS : Buat sobat-sobatku yang lain….mohon maaf juga klo suatu ketika di suatu tempat kita bertemu tapi saya tak bertegur sapa. Insya Allah…itu bukan karena saya sombong, tapi semata-mata akibat kekurang-jelasan penglihatan saya sehingga kurang mengenali wajah atau karena jarak pandang yang cukup jauh.


Responses

  1. ck ck ck panteees… aku berdiri di samping sampeyan kok di cuekin😮

    gak ding…canda kok. Kt mang ga ketemu kayaknya ;))

  2. buat ngebedain kang Iman, selain big size sekarang ditambah megang tele lensa kameranya puanjang bener…:)

  3. Wah2…lumayan juga ternyata.Kalah jauh adiknya kalo masalah yg satu ini. Awas…ntar salah lihat, mau masakin suami tercinta ikan teri keliru bandeng

  4. Mba hanum… aku juga minusnya dah tinggi. Memang agak mengganggu ya…

  5. wag mbak hanum, kasihan, susah ya, semoga Allah memberi kemudahan, kalo mata minusnya dah tebal gitu, Allah kasih mbak kelebihan yg lain yaitu pendengaran yg lebih peka. Btw, ntar kalo ketemuan ama evy, mbak kenal gak ya? hehe…
    ntar evy teriakin aja mba hanumnya…mba hanuuuuuuuuuuuuuummmmmmmm……..ni evyyyyyyyyyyyyy………:D:D:D

  6. btw kelupaan nanya, pak eko itu ketua IMB yg baru sekarang ya mbak? ooo kirain masih pak arul, wah kelewatan nih evy gak pernah ke milis😀 blognya pak eko apa ya mbak?

  7. masya Allah, ternyata ada yang lebih ya minusnya dari ane
    btw, tetap bersukur masih bisa melihat Bu

  8. #Iman : Syukurlah…klo yg ane liat itu bukan antum Man🙂 Btw, antum punya adek kembar juga ya😀

    #Dhika : ic..ic 🙂

    #Hanum adekku : Hehe…ya gak bakalan salah liat lah dek. Lha wong beda size ikna2 itu besar banget kok😀

    #Rini : iya sih Rin..tapi tetep musti disyukuri (spt kata Akh Dafiq : alhamdulillah…masih bisa melihat). Oya, btw, saya dapat satu hikmah lagi dgn mata minus gede gini : insya Allah membantu tuk ghadhul bashar🙂

    #hanan : klo skrg kita ketemu…dijamin deh Vy..aku gak kenal. Kecuali Evy bilang gini : kenalkan mbak..saya Evy🙂

    Alamat blog pak Eko : httP;//echo.ngeblog.web.id
    Blog yg dulu : http://senandungmujahid.blogspot.com

    #Achdafuq : betul sekali Akh. Segala kondisi harus kita syukuri bukan?

  9. mba hanum minus yah? saya kek widya donk,eh kemaren widya sempet turun minusnya pas minum teh tiasnhi rutin.. tp pas dispenser di kost rusak jadi males lagi hehehe.. coba deh minum tehnya.Kalo mo beli ntar aku bantu cariin..

  10. aduh afwan abis wajah nya ibu2 itu hampir sma mba hanum jadi ya mohon dimaapin klo sapanya dengan pengusiran😛 heheheehe

    jangan kan sampeyan disapa mas iman lawong aku disamping nya aja ngga disapa apalagi di photo ..😦

  11. kalo minus tinggi, soft lens sangat membantu lho mbak num. Lagipula, pemakai softlens relatif konstan minusnya. Makenya jg nggak seribet dan seserem yg kita bayangkan, asal rajin merawatnya. Aku jg minus tinggi mbak, tapi pake soflens. Alhamdulillah nggak nambah terus minusnya kayak watu pake kacamata dan lebih nyaman. serasa nggak pake apa2 di mata. Halah.. promosiiiiiii!–>

  12. aku juga udah minus tinggi banget neh (-16), bahkan sampe sekarang minus aku masih nambah terus.
    emang kl make softlense minus bisa gak nambah yah ? emang mimin minus berapa seh ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: