Posted by: azayaka | August 3, 2006

Jerry : Cermin Kelicikan Yahudi

Tom and Jerry, dua tokoh kartun ngetop yang pasti orang tau karena sering menontonnya, dari anak-anak sampai orang dewasa. Padahal sih..banyak orang tua yang memprotes penayangan film kartun tersebut, karena banyak menyuguhkan adegan kekerasan. Tapi nyatanya, masih saja ada beberapa TV swasta di Indonesia yang masih menanyangkannya secara rutin.

Tom and Jerry diproduksi pertama kali oleh MGM (Metro Goldwyn Mayer) *Hmm…nama ‘Goldwyn’ langsung mengingatkan saya pada nama seorang Yahudi Israel yang pernah membabi-buta menembakkan senjata api ke jamaah sholat masjid Al Aqsa hingga banyak jatuh korban meninggal. Adakah MGM juga adalah milik Yahudi? Hmm..mungkin saja* Anda yang pernah menonton film ini tentulah hafal baik karakter Tom, Jerry, ataupun tokoh anjing yang sering muncul menyertai mereka. Tom adalah kucing pemarah, bodoh, kejam,…dan memiliki sifat jelek lainnya. Sedangkan Jerry, digambarkan sebagai tikus cerdik, penuh akal, baik hati, sering menjadi korban kekejaman Tom, dan sebagainya. Dan tokoh anjing yang digambarkan selalu dijadikan alat Jerry untuk membalas dendam pada Tom. Juga seringkali menjadi pelindng Jerry saat dikejar Tom.

Pastilah bukan tanpa maksud bila William Hanna dan Joseph Barbera memilih tokoh kucing untuk Tom, tikus untuk Jerry, serta menyertakan tokoh anjing dalam film kartun yang mereka ciptakan. Kucing, sebagaimana yang kita ketahui adalah binantang kesayangan Rasulullah. Dia tidak najis sebagaimana najisnya anjing. Bila dipelihara dengan baik pun, kucing akan menjadi binatang jinak, bersih, dan membuat pemilik serta orang yang melihatnya senang dengan tingkah lucunya. Tapi di film ini, sebaliknya. Kita lihat kucing sangat jahat. Kerjanya hanya mengejar tikusss saja. Gak ada baek-baeknya deh pokoknya. Bukankah ini namanya olok-olokan belaka dari si pencipta kartun? Coba kita tengok Jerry. Tikus yang aslinya menjijikkan, kotor karena senangnya hidup di got dan tempat kotor lainnya, dan bahkan air kencingnya menularkan penyakit, di sini digambarkan seperti sosok tak berdosa, si tertindas. Inilah image yang berusaha diciptakan oleh Yahudi di dunia tentang diri mereka. Mereka adalah bangsa tertindas, terusir dari tanah asalnya, dan butuh belas kasihan. Namun tetaplah tergambar jelas sifat sebenarnya mereka di sosok Jerry. Licik, penuh akal bulus. Kalau kita lihat, Jerry sering memanfaatkan si anjing (yang notabene banyak dipelihara orang orang Nasrani) untuk menghantam Tom. Di sini jelas tergambar bukan, bahwa Yahudi sering mengadu-domba orang islam dan nasrani demi mencapai tujuannya. Dan yang terjadi saat ini di Libanon dan Palestina (harusnya) telah membuka mata dunia tentang siapa dan bagaimana Yahudi itu sebenarnya. Kejam, biadab, tak berperikemanusiaan, mau menang sendiri…..dan sifat-sifat jelek lainnya.

Dari nonton Tom and Jerry saya memang dapat belajar karakter Yahudi sebenarnya. Tapi cukup sampai di sini. Menontonnya (apalagi sambil menikmati, tertawa-tawa melihat Tom dikerjai Jerry) sebenarnya adalah bentuk kerelaan di mana harga diri kita sebagai muslim diinjak-injak Yahudi. Gak rela kan?


Responses

  1. Saya kira bukan cuma di film Tom & Jerry. Hampir pada semua film buatan Hollywood, kucing selalu ditampilkan sebagai tokoh jahat. Contohnya adalah tokoh Cat Woman dalam film Batman. Dalam film2 lain pun, kucing selalu menjadi tokoh jahat.

  2. sedih ya mbak, apalagi yang jadi fans berat tom&jerry itu kebanyakan juga nggak tau ‘akal licik’ yahudi&konco2nya..

  3. kebanyakan film kartun kan buatan sana mbak, kenapa ya para cinema’s Indonesia gak bikin film kartun. padahal peminatnya banyak banget. yg dibanyakin malah sinetron gak mutu.

    btw, soal “high class” si ibu ini punya posisi di top manajemen mbak, makanya mereka bilang saya high class

    Linda tinggalnya di Petukangan dekat kampus Budi Luhur mbak. ayo mbak kapan nih kopdaran😉

    oh iya, mbak mo tanya donk coding biar bisa bikin linknya jadi menghemat tempat. linda dah buat tp linknya gak connect keknya ada coding yg kurang deh

  4. si Jerry emang yahudi banget!arrggh.. *geram* tapi karena imagenya dipasang jadi lutju juga ngeliatnya^-^… Bae2 kan ya Num chan..

  5. As salam alaykum,
    mb Hanum aku baca judul blog dikau kali ini jadi senyum2 nie. Soalnya di sini ada yg namanya Jerry. Pernah suatu kali entah gimana ada kucing yg masuk ruangan, udah gitu si kucing ngeong2. Spontan orang-orang yang ada dalam ruangan pada komentar, “Jer, itu temannya nyariin tuh…” Tapi dasar Jerry, dia malah balas ngeledek balik, “Ye kalo abis makan ikan asin, cuci tangan dong!”.
    Hehehe….
    Salam ya utk si bayi
    Wassalam
    :o)

  6. #JY : Yup..betul pak. Kasian ya si kucing..didiskreditkan terus😦

    #Ratih : Iya.Semoga tulisan ini membuka mata bagi yg belum tau strategi di balik film itu.

    #Linda : mungkin karena biaya bikin film kartun mahal Lin. Lebih mahal dibanding mbayar artis sinetron😦

    #Mbak Maya : Itu dia mbak..mereka berhasil ngubah image tikus dari menjijikkan menjadi lucu😦

    #Ukh Nissa : Salam ya buat Jerry yg temen ukh Nissa. Moga sifatnya gak kayak Herry yg di film.
    Udah disalamin sis🙂

  7. Sis hanum, keponakan kecilku kalau bapaknya nguber tikus mau digebukin, dia njerit2 nangis ngelarang …hihiihihi …
    jerry jadi pahlawan anak2 balita..hiks…

  8. Bagus mbak hanum tulisannya open my eyes…., thank ya soalnya saya suka film itu abis lucu sih….

  9. Sistaa.. kuangen buanget ya.. padahal baru ga ketemu 3 mingguan, sehat sll ya! mksh udah mampir duluan lagi, wassalam..

  10. hanum ngeliat sesuatu bisa jauh kedalam gitu yah/ alham dulillah kita jadi terbuka mata dan hatinya..

  11. Nah, ada lagi nih .. coba baca di link ini : http://www.kawanua.org/?q=id/node/103

    Awalnya ada keinginan mau meng-hack aja website kawanua.org karena telah membuat hati saya terluka. Tetapi kemudian setelah saya dapat masuk dengan sempurna ke websitenya dia (akses admin) eh …. ada yang sudah membalas postingan yang membandingkan Rasululloh dengan Yesus ini dengan telak juga.

    Tapi kalo ada yang setuju website ini perlu di hack …. aku akan hack juga nih🙂 tapi kira2 diisi apa ya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: