Posted by: azayaka | November 2, 2006

Mudik = Wisata Kuliner? :)

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh sahabat blogger semuanya…..:)

Selagi masih bulan Syawal dan masih dalam suasana lebaran…saya dan keluarga mengucapkan Taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang pernah saya perbuat baik dalam bentuk lisan maupun tindakan.

Horee….mudik naik kereta

Lebaran kemarin saya dan suami juga mudik lho. Tak hanya ke 1 tempat..tapi 2 tempat : Kendal & Madiun. Capek sih setelahnya…tapi senang….bisa ketemu keluarga. Palagi ini mudik kali pertama saya ke tempat asal suami ba’da nikah kami.

Mudik kali ini kami berangkat naik KA Kamandanu jur. Semarang. Seingat saya, ini kali keempatnya ketujuhnya saya naik kereta🙂 I. Waktu kecil, bareng ibu, kakak2, serta tetangga nyobain KA yang buka rute baru ngelewatin desa kami, II. Naik KA Parahiyangan waktu masih kuliah, III. Naik KRL Kota-Tangerang pulang interview di Jakarta, IV. Waktu mudik lebaran sekarang ini🙂, V..Tiga kali naik KRL Cawang-Depok. Dibanding naik bis atau travel (seperti yang biasa saya lakukan tiap pulang ke kampung), ternyata naik KA lebih nyaman. Dan tentu saja lebih cepat sampai. Kayaknya….saya bakal lebih sering naik KA klo bepergian ke luar kota *ketagihan mode on😀

My baby selama dalam perjalanan

Sebelum memutuskan mudik, kami sempat kuatir dengan kondisi calon baby kami. Kuat gak ya…klo diajak jalan jauh. Tapi berdasar masukan dari dokter serta sodara2…bismillah..akhirnya kami putuskan mudik juga. Untuk menghindari desak2an dan macet, kami putuskan berangkat tgl 25 Okt saja. Lagi pula sampai dengan tgl 23 suami masih ada kerjaan.

Di KA, saya sempat merasakan perut terguncang ke kiri-kanan oleh gerakan KA. Mana selama perjalanan si baby dieeeeemmm aja. Sempat khawatir sih dia kenapa2. Tapi alhamdulillah, sesampainya di Kendal, setelah istirahat bentar, si baby mulai gerak2 lagi. Plong rasanya.

Dalam perjalanan pergi-pulang Madiun dengan mobil pun, si baby diam tak bergerak. Baru setelah sampai tujuan, dia mulai gerak lagi. Mungkin dia suka tidur klo lagi jalan ya (kayak ibunya :D).  Keesokan hari sekembalinya kami ke Tangerang, kami periksakan kondisi si baby ke dokter langganan, dan alhamdulillah dia sehat. Malah gerakannya tambah lincah saja🙂

Wisata kuliner🙂

Pernah atau suka nonton Wisata Kuliner di TransTV? Acara itu adalah salah satu favorit saya. Meski seringnya sih saya dibikin ngiler pengen ikut nyobain makanannya🙂 Nahh..waktu mudik kemarin, kesempatan deh saya manfaatin untuk wisata kuliner-kulineran😀 Makanan yang sempat saya nikmati kelezatannya antara lain : 

Di Kendal :

  • Soto “Pak No” (meski harga seporsinya cuman Rp 2500, tapi rasanyaa….hhmm…enak tenan. Saya sampe habis 2 mangkok loh :D)
  • Sate bumbon; sate daging sapi yang bumbunya kerasaaaaa banget. Dimakan pake sambel kacang (tapi lain jenisnya dengan sambel kacang untuk sate madura). Pokoke…enak deh🙂 Tapi berhubung saya lagi hamil, saya cuma makan 2 tusuk aja..gak boleh banyak2😦
  • Bakso balungan
  • Mangut iwak irisan; klo yang ini masakan ibu saya😀 Saya gak tau persis nama jenis ikannya. Cuman di Tangerang, ikan sejenis belum pernah saya temuin.

Di Madiun :

  • Rujak cingur; dibikinin salah seorang kakak ipar waktu kami bertandang ke rumahnya. Rasanya? uenakkk tenann🙂
  • Bakso spesial; bakso langganan suami saya sejak SMA. Satu porsi terdiri dari 3 bakso urat, 1 bakso goreng, dan 1 siomay. Rasa baksonya enak. Apalagi kuahnya yang bening..hmmm……saya blom pernah makan kuah bakso selezat itu deh🙂
  • Es bajigur; Klo bajigur di Bandung biasanya diminum hangat2, di sini bajigurnya dikasih es. Ternyata enak juga. Segerrrr….
  • Nasi pecel; Ini mah makanan wajib orang Madiun😀 Gak pagi, sore, ato malam…nasi pecel selalu ada.

Pengennya sih incip2 lebih banyak makanan unik lainnya. Tapi sayang…waktu ngider kami terbatas😦 Lebih sayang lagi…makanan2 itu gak difoto. Jadi sahabat blogger cuma kebagian ceritanya aja deh..gak tau rupa makanannya😀 Maaf yaa….

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.


Responses

  1. fatal nih bune, incip2 tapi gak pake skrinsut…:)

  2. Duh yang baru kepedesan makan rujak cingur…tak tunggu2 kok ke Madiunnya ga nyasar ya sampai bojonegoro? tetanggaan loh…3jam😀

  3. enak2 …..🙂
    kalo perlu dibikin peta warung makan jalur mudik😀

  4. hahahah bayinya hanum bener bener anak ibunya pisaaan ;)).

    Soal kuliner itu….arghhhhh jd ngiler aye :((

  5. Tgl 26/10/06 pulang dr kediri, aku sempet mampir pasar madiun lho mbak. Krn dah pada laper, pakde, bude dll pd makan sate+gule di pasar madiun itu. Berhubung hari itu aku dah kembali ‘prei’ maem sejak 2 syawal, akhirnya aku cuma bisa ngeliatin saja🙂

    Di Ngawi pun ndak ngerasain makanan yg aneh2. Yang paling kudamba2 ketika adzan maghrib cuma satu, air dingin. Soale baru kali ini kayaknya ngerasain panas yg luar biasa di Ngawi😦 * Ya Allah, segera turunkan hujan untuk Ngawi-ku tercinta🙂

  6. taqaballahu minna wa minkum

    wah baksonya ada di jalan apa ya? , jarang pulang ke Madiun , apa di sekitar jalan Diponegoro?

  7. #Iman : maaf ya Man…jd mengen2i sampeyan🙂

    #Kosi : Amiinn. Madiun jg panas pisan Kos. Klo Kendal..alhamdulillah pas mudik kemaren aku nikmatin hujan sekali di sana.

    #Kus : Gak tau nama jalane Kus. Pokoke deket sama Pasar Lama (dulu katanya namanya Pasar Kawak).

  8. mbak hanum, maaf lahir batin ya…. dah lama gak maen kesini🙂

  9. SEDAP ….🙂

  10. Akhirnya.. jadi nambah berapa kilo mom:).. luv u

  11. Mbak, meskipun nggak ada penampakannya, aku tetep ngiler ama makanan2 selama wisata kuliner..hehehe…

  12. Pernah dengar “sepat ikan” ?
    Ini makanan khas sumbawa, sayur kelor + terong + ikan

    PS.
    Baru tau tadi sore dan nyicipinnya😉

  13. Mba.. Madiun panas… :(( hehe. Alhamdulillah meski bukan orang Madiun tapi, ada kesempatan main kesana karena teman kantor ada yang menikah di Magetan (kota kecil di kaki gunug lawu), aku pergi tgl 3 Nov 2006 kemarin, kalau ke negeri orang aku pasti nyempetin makanan khas sana yang ga ada di Jakarta atau yg terkenal disana. Menginjakkan kaki di stasiun Madiun.. subhanallah panas, padahal masih pagi mba pukul 05.12 tapi sinar mentarinya dah kaya jam 7 pagi. 45 menit perjalanan ke Magetan cuma ternganga rupanya Madiun ini kota TNI ya selain kota pecel…😛, sampe ada niatan mau liat markas muso n PKI dulu sama temen**… waduh, berasa jaman SMU sih, napak tilas sejarah.
    Yang aku suka makanannya.. yaitu pecel khususnya bumbunya itu mba beda ya sama bumbu pecel dikota lain di P Jawa, sampe** ngemil tempe bareng sambel pecel, syg ga semua tempat jajanan di Madiun bisa disatronin, aku cuma mampir ke Danau Sarangan (magetan) yg airnya lg surut disana makan sate kelinci dan mangga khas Magetan. Btw, mba tau Magetan ngga ya… (celingukan)

  14. # Ratih :
    Pas mudik kemaren lewat Magetan (sebelum Madiun kan letaknya?). Suami crita sih di situ ada Telaga Sarangan. Cuman musim panas gini…males aku diajak ke sana. Puanaassss.
    Mau bumbu pecel lg Tih? aku masih punya stok di rumah. Dibekelin dr Madiun. Rasanya? wuihhh…enak deh. Daun jeruknya kerasa. Trus yg bikin enak..ternyata krn kacangnya pilihan. Kacang yg reject2 gitu gak akan dipake, krn bs membuat bumbu pecel pahit.

  15. duh si hanum… bikin ngilerrr aja

  16. wah mau donk bumbu pecelnya klo masih ada, sesama wong tangerang masa ga dapaet nich….. ;-(

  17. ok bget..kendal gitu loh

  18. kalo suka ntn wisata kuliner di trans tv, pasti inget dong, pak bondan wkt ke semarang tuh dia kemana aja? Aku lupa kemarin apa aja, tolong kasih tau ya. Minggu dpn aku mo ke semarang soalnya.

  19. Kalo ke ngawi, aku tau rm yg enak & harga pas di kantong. mampir aja ke rm kondang yg dijalan raya solo, tdk jauh dari rm duta. klo dari ngawi setelah pom bensin km 4. yg uenak garangasem, pecel lele & guraminya maknyus. ueeenak tenan…

  20. kali ini aku coba tuangkan kuliner2 kedalam blogku, baru coba2 sih. silakan kunjungi http://raos-eco.blogspot.com .

  21. Hai Blogger, yuk ikutan lomba blog ‘Jelajah Kuliner Unik Nusantara’ #KulinerDaihatsu

    Hadiahnya menarik lho! perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu. Ingin tahu informasi lengkapnya? lihat di sini http://bit.ly/jelajahkuliner


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: